Mengenal Apa Itu Content Marketing dan Jenis-Jenisnya

 

Konten pemasaran atau yang dikenal dengan content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang saat ini sedang populer. Fungsinya yaitu untuk membantu pemasaran digital yang bisa Anda manfaatkan di sebuah blog atau website, marketplace, hingga digunakan untuk social media marketing.

Bagi Anda yang belum mengenalnya, kami akan coba menjelaskan kepada Anda. Apa itu konten pemasaran mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya. Tujuannya agar Anda tahu cara mengaplikasikannya dan juga jenis konten seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda.

Apa Itu Konten Pemasaran?

Konten pemasaran merupakan sebuah konten yang tujuannya untuk pemasaran. Biasanya konten ini digunakan untuk pemasaran di blog, media sosial, dan juga beberapa jenis platform lain yang biasa digunakan untuk pemasaran digital.

Konten merupakan salah satu media yang paling tepat untuk meningkatkan keuntungan pada sebuah bisnis. Selain untuk meningkatkan keuntungan dan pemasaran, metode pemasaran ini juga bisa meningkatkan engagement dan juga bisa membantu brand awareness.

Jenis-Jenis Konten Pemasaran

Saat ini ada banyak jenis konten pemasaran yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan pemasaran digital. Nah, berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda beberapa jenis konten pemasaran yang kini banyak digunakan.

1.   Content Writing

Tulisan merupakan salah satu jenis konten yang biasanya digunakan untuk blog dan juga media sosial. Konten tulisan ini merupakan salah satu jenis konten yang paling populer. Ada banyak konsep Tulisan yang biasanya dibuat ini memiliki konsep yang beragam mulai dari story telling hingga jenis konten informatif seputar tips bermanfaat.

Content writing sendiri merupakan salah satu jenis konten yang bersifat soft selling. Artinya, tulisan ini tidak digunakan untuk pemasaran langsung, namun lebih menuju ke arah informatif, dan di bagian akhirnya diberi CTA (Call to Action).

2.       Copywriting  

Konten berikutnya juga tidak kalah populer, yaitu copywriting. Konsep dari sebuah copywriting berbeda dengan jenis content writing. Jika content writing digunakan untuk soft selling, copywriting digunakan untuk hard selling. Perbedaan lainnya yaitu dari panjang katanya, copywriting umumnya lebih pendek dan ‘berisi’ dibandingkan content writing.



Jenis tulisan ini mampu mengoptimalkan pemasaran sekaligus menjelaskan kelebihan produk maupun jasa Anda dalam bentuk tulisan yang pendek namun jelas.

3.   Content Video

Selain tulisan, video juga biasanya digunakan untuk konten pemasaran. Video bisa diaplikasikan pada beberapa jenis platform mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, dan beberapa platform lain yang mendukung fitur video yang bisa Anda manfaatkan untuk posting video.

Content video ini memiliki konsep yang cukup beragam. Anda bisa menggunakannya untuk membahas informasi produk atau jasa, atau bisa juga untuk iklan yang jenis soft selling.

4.   Desain Grafis

Desain juga menjadi salah satu konten yang biasanya digunakan untuk Facebook maupun Instagram. Contohnya seperti jenis desain infografis yang biasanya membahas tentang kelebihan dan manfaat produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Desain grafis membantu meningkatkan nilai estetika dari sebuah strategi pemasaran. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis konten yang populer saat ini.

5.   Podcast  

Konten berupa suara juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dan ideal karena saat ini ada banyak sekali jenis podcast yang digunakan untuk pemasaran. Konten berupa audio ini merupakan salah satu jenis konten pemasaran yang juga saat ini populer digunakan untuk berbagai macam platform.

Itulah penjelasan tentang apa itu content marketing yang bisa membantu mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda. Kini Anda bisa bekerja sama dengan Ideoworks untuk membuat konten pemasaran yang baik dan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Utama Perawatan Wajah Pria Untuk Kulit Lebih Muda dan Lebih Sehat

Kumpulin Poinnya Dan Tukarkan Hadiah Keren di S26 Loyalty Program

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini