Berniat Pengajuan Kartu Kredit? Pahami Dulu Cara Bijak Dalam Penggunaannya!


Di zaman modern dan serba praktis seperti sekarang ini, maka tidak ada salahnya untuk memiliki kartu kredit untuk membantu Anda dalam bertransaksi yang lebih mudah. Selain membantu dari segi kepraktisannya, jika digunakan dengan baik dan bijak kartu ini akan memberikan banyak keuntungan. Bahkan, untuk proses pengajuan kartu kredit juga sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir atau bingung mengambil kartu fisiknya dimana karena biasanya pihak bank akan mengirimkan kartu tersebut ke rumah. 


Namun sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan kepemilikan kartu kredit, Anda wajib mengetahui cara bijak dalam penggunaannya. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa terhindar dari tagihan yang membengkak. 


Nah untuk itu, berikut kami hadirkan beberapa tips aman dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan Anda simak artikel dibawah ini sampai tuntas, ya!


  1. Atur simit sesuai kebutuhan

Sebagai langkah tepat dalam mencegah pengeluaran yang membengkak, maka dengan cara mengatur limit kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda. Jika penggunaan kartu kredit Anda tujukan untuk mempermudah pembayaran cicilan, tagihan bulanan maupun belanja keperluan primer, sebaiknya atur limit yang dengan nominal secukupnya, tidak terlalu tinggi.


Sebab, jika limit yang diatur dengan nominal yang tinggi, maka Anda juga harus membayar cicilan yang tinggi pula. Untuk pembayaran cicilan tagihan kartu kredit, proses ini biasanya dilakukan di awal atau di akhir bulan  ataupun disesuaikan dengan jadwal gajian.


  1. Hindari penarikan tunai

Selain untuk pembayaran, kartu kredit juga bisa dilakukan untuk penarikan dana tunai, lho! Fitur mungkin sangat membantu pada saat Anda sedang sangat membutuhkan uang tunai. Namun meskipun demikian, sebisa mungkin hindari kegiatan tersebut untuk menghindari pembayaran dengan suku bunga pada saat jatuh tempo nantinya.


Perlu Anda ketahui, umumnya setiap penarikan menggunakan kartu kredit maka Anda akan dikenakan bunga 3,5% sampai 4% sesuai kebijakan masing-masing bank. Setiap bank tentu memiliki ketetapan bunga yang bisa saja berbeda persentasenya.


  1. Periksa tagihan bulanan secara berkala

Selain bisa mengatur limit sesuai kebutuhan, agar lebih aman dan nyaman dalam penggunaan kartu kredit pastikan Anda juga selalu memeriksa pengeluaran bulanan secara berkala. 


Segala kegiatan transaksi menggunakan kartu kredit sendiri akan terekam secara otomatis sehingga memudahkan Anda untuk melihat informasi kegiatan transaksi yang sudah dilakukan dengan detail. 


Tak hanya agar Anda bisa lebih terkontrol dalam penggunaannya, hal ini juga bisa mencegah transaksi “siluman” atau transaksi yang tidak pernah Anda lakukan namun masuk pada tagihan kartu kredit Anda. Transaksi tersebut biasanya terjadi ketika Anda memberikan pin kartu kredit kepada orang lain. 


  1. Jangan meminjamkan kartu pada siapapun

Satu yang perlu Anda ingat, kartu kredit merupakan barang yang bersifat pribadi. Oleh sebab itu, jangan pernah meminjamkan kartu tersebut kepada siapapun. Hal tersebut salah satunya bertujuan agar bisa meminimalisir penyalahgunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab. 


Dengan meminjamkan kartu kredit, hal tersebut beresiko besar bagi Anda salah satunya yaitu membengkaknya tagihan bulanan yang harus dibayarkan pada saat jatuh tempo.


Itulah dia beberapa tips aman dan nyaman dalam menggunakan kartu kredit yang wajib Anda ketahui. Jika Anda berniat untuk mengajukan kartu kredit untuk berbagai keperluan, maka bisa melakukannya di salah satu bank terbaik di Indonesia yaitu Bank Sinarmas.


Cara pengajuan kartu kredit di Bank Sinarmas juga mudah dan bisa dilakukan secara online. Selain itu, persyaratannya pun sangat mudah dan sederhana karena Anda cukup menginstal aplikasi SimobiPlus lalu daftarkan diri Anda. Setelah prosesnya terkonfirmasi, Anda pun bisa menggunakan kartu kredit tersebut dan berkesempatan untuk menikmati tawaran menarik yang diberikan oleh Bank Sinarmas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Utama Perawatan Wajah Pria Untuk Kulit Lebih Muda dan Lebih Sehat

Kumpulin Poinnya Dan Tukarkan Hadiah Keren di S26 Loyalty Program

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini