7 Istilah yang Perlu Dipahami Sebelum Menggunakan Alat Pendeteksi Emas



Berburu emas bisa dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan bagi banyak orang. Namun ada juga yang melakukannya karena hobi. Ke pantai atau sungai untuk berburu emas menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika berhasil mendapatkan emas, maka kesenangan tersebut akan semakin bertambah. Apabila berniat berburu emas baik untuk hobi atau profesi, Anda harus membeli alat pendeteksi emas terlebih dahulu.

Alat pendeteksi membantu melakukan pencarian, selanjutnya mengirimkan sinyal jika menemukan keberadaan emas. Sebelum membeli dan menggunakan alat pendeteksi, Anda wajib mengetahui 7 istilah penting berikut ini:

Kotak Kontrol

Komponen pertama yang perlu Anda ketahui dari alat detektor emas adalah kotak kontrol. Kotak kontrol merupakan komponen yang sangat penting karena menjadi otak mesin dari alat yang Anda gunakan. Bentuknya kotak dan berisi beberapa bagian penting seperti pembacaan, baterai, speaker, kontrol dan pengaturan perangkat, serta mikroprosesor. Kotak kontrol ini berada di bagian paling atas sebuah alat pendeteksi.

Search Coil

Apakah Anda mengetahui komponen paling ujung yang berbentuk piringan pada alat detektor emas? Itulah yang dinamakan dengan search coil. Komponen ini berada di bawah dan akan kontak langsung dengan tanah atau pasir. Search coil memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengirim serta menerima sinyal saat melakukan pencarian emas. Ukuran dan jenis search coil cukup beragam, namun yang paling populer yaitu konsentris (concentric/mono loop) dan bulat panjang (elliptical).

Stabilizer

Stabilizer merupakan komponen alat detektor emas selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Komponen ini dapat meningkatkan kenyamanan Anda, terutama jika ingin menggunakan alat detektor dalam jangka waktu panjang. Para profesional sering melakukan pencarian emas dari pagi sampai malam hari. Fungsi stabilizer akan menjadi sandaran tangan, jadi alat tetap terasa nyaman dan stabil meskipun sering dipindahkan.

Shaft

Sama seperti tiga istilah sebelumnya, shaft juga masih termasuk salah satu komponen dari alat detektor emas. Komponen ini sendiri berupa komponen utama mesin yang terhubung ke bagian lain di dalam sebuah mesin alat detektor. Fungsi shaft yaitu mengatur poros agar nyaman digunakan oleh pengguna.

Ground Balance

Ground balance tidak termasuk komponen dari alat detektor emas, namun termasuk fitur di dalamnya. Jadi tidak semua alat detektor memiliki fitur satu ini. Alat detektor yang memiliki ground balance mampu mengetahui tingkat mineralisasi tanah. Jadi sinyal palsu yang bukan emas bisa lebih sedikit. Sebaiknya cari alat deteksi yang memiliki fitur ground balance agar hasilnya lebih akurat.

Target

Karena Anda menggunakan alat detektor emas, maka target yang dimaksud tentu saja emas. Namun terkadang alat detektor emas juga bisa membaca target lain seperti logam, perhiasan, dan harta karun. Saat membeli alat detektor, lebih baik tanyakan mengenai target yang bisa dicari. Hanya bisa mencari emas atau bisa mencari harta karun. 

Teknologi Detektor Emas

Alat pendeteksi tentu saja menerapkan teknologi tertentu agar bisa menemukan emas. Setiap teknologi memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi sebelum membeli, pelajari setiap teknologi detektor emas dan pilih sesuai kebutuhan. Setidaknya ada empat prinsip yang digunakan pada teknologi detektor emas yaitu Pulse Induction, VLF (Very Low Frequency), ZVT (Zero Voltage Transmission), dan Multi Frekuensi.

Itulah deretan istilah yang perlu Anda pahami sebelum menggunakan alat pendeteksi emas. Rekomendasi merk alat pendeteksi yang cocok untuk pemula adalah Minelab GOLD MONSTER 1000. Pemula cocok menggunakannya karena memiliki fitur otomatis sehingga mudah digunakan. Selain itu, harganya juga terjangkau, cocok untuk Anda yang ingin menjadikan hunting emas sebagai hobi. Pilihan alat pendeteksi lainnya dari Minelab yang lebih profesional bisa Anda lihat di website www.minelab.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mix & Match Kalung Emas Simple Agar Tampilan Lebih Maksimal

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan