4 Penyebab Gangguan Pada Sistem Pencernaan Kucing

Mendapati kucing peliharaan dirumah sering muntah dan kurang bernafsu makan? Hati-hati, karena besar kemungkinan kucing kesayangan Anda tersebut sudah terkena permasalahan pada sistem pencernaan kucing

Bila tidak segera ditindak lanjuti, tentunya akan semakin membahayakan kesehatan si kucing kedepannya. Untuk itu Anda wajib mengenali penyebab apa saja yang bisa menyerang saluran pencernaan pada kucing, yang bisa disimak dibawah ini.  

4 Penyebab Permasalahan Pada Saluran Cerna Kucing

Setidaknya ada 5 penyebab mengapa kucing dirumah Anda sering terkena permasalahan pada sistem pencernaan kucing ini. Dan diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Parasit

Pada hakikatnya kucing merupakan salah satu hewan liar yang ada dimuka bumi ini. Insting memangsanya tentu akan selalu timbul kapan saja, meski sehari-hari Anda sudah rawat ia dengan benar dirumah. 

Nah ketika mangsanya didapat seperti tikus misalnya, maka dari tikus yang didapat tentunya akan selalu ada kemungkinan membawa parasit yang nantinya menempel pada saluran cerna si kucing.  

  1. Bola Bulu

Bola bulu ini biasa terjadi pada hewan kucing, apalagi dengan bulunya yang sangat lebat. Yang mana fenomena bola bulu ini bisa terjadi akibat ikut tertelan, ketika si kucing sering menjilati bulunya sendiri. 

Bola bulu memang bisa keluar langsung melalui feses, namun jika bola bulunya berukuran besar, tentunya akan sulit untuk dikeluarkan dan harus membutuhkan tenaga medis, agar tidak terjadi permasalahan yang cukup serius bagi saluran cerna si kucing. 

  1. Pankreatitis

Pankreatitis terjadi pada kucing akibat ketidaksanggupan pankreas kucing dalam mengolah bahan makanan tertentu. Untuk itu Anda harus selektif lagi dalam pemberian makanan kepada si kucing dirumah. 



  1. Faktor Makanan

Permasalahan pada sistem pencernaan kucing juga bisa disebabkan oleh asupan makanan yang salah. Ketika si kucing sembarangan makan, sudah tentu akan membuat perutnya menjadi kembung dan juga bau mulut. 

Hal tersebut sudah menjadi pertanda, bahwa sedang ada yang tidak beres terjadi pada saluran cerna si kucing. 

Dengan begitu, sebagai pemiliknya Anda wajib memberi asupan makanan terbaik dan bernutrisi tinggi, yang bisa diberikan lewat makanan khusus kucing dari Royal Canin. 

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mix & Match Kalung Emas Simple Agar Tampilan Lebih Maksimal

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan