Perhatikan 6 Cara Masuk International University untuk Melanjutkan Kuliah

Kamu mau kuliah di luar negeri tetapi sulit melalui proses penerimaan? Tenang saja, dengan sedikit bantuan dari organisasi dan persiapan lainnya mungkin kamu akan bisa berkuliah di International University. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

Lakukan penelitian terhadap kampus dan jurusan yang ingin kamu tuju

Pertama, kamu bisa memulainya dengan mengidentifikasi apa yang ingin kamu pelajari dan dimana kampus yang ingin kamu tuju. Pilih studi penelitian di bidang yang kamu inginkan lalu pilih secara online dan buat daftar universitas yang paling menarik untuk kamu berdasarkan program studi yang ditawarkan, fakultas, kehidupan mahasiswa, lokasi dan persyaratan masuk. Apabila kamu ingin melakukan kunjungan kampus, biasanya disediakan Web Visit agar kamu tetap bisa melihat-lihat kampus yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu bisa mencari tahu mengenai apakah ada warga negara Indonesia yang juga berkuliah di universitas yang menjadi tujuan kamu nanti. Kamu bisa menghubungi para alumni untuk menanyakan pengalaman mereka serta mendapatkan informasi detail mengenai kampus tujuan kamu.

Mengorganisir segala macam tugas-tugas yang harus diselesaikan

Apabila Kamu sudah mendaftarkan diri pada kampus atau universitas yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah mengorganisir segala macam persyaratan yang harus dilengkapi agar semuanya sesuai dengan jadwal dan tepat pada waktunya. Buatlah jadwal dengan memetakan saat aplikasi, esai, rekomendasi, wawancara, dokumen bantuan keuangan, hasil tes dan aplikasi visa jatuh tempo.

Setiap kampus tentunya akan memberikan tenggat waktu agar semuanya tetap pada jadwal. Maka dari itu, penjadwalan ini dilakukan agar semuanya tetap pada schedule-nya. Bagi beberapa universitas memiliki proses aplikasi online yang bisa dilakukan dengan cepat dan memiliki pemeriksaan bawaan agar memastikan segala materi dapat disertakan namun, universitas ini memerlukan beberapa perencanaan awal agar segalanya bisa siap ketika kamu menyelesaikan aplikasi. Hal ini sangatlah umum dan bisa diterapkan ke beberapa institusi sehingga kamu memiliki setidaknya satu cadangan.

Tuliskan mengenai diri Kamu yang sebenarnya dalam esai

Umumnya, International University akan membutuhkan Kamu menuliskan esai untuk keperluan persyaratan pendaftaran. Dalam menulis esai tentu memerlukan waktu untuk menuangkan pemikiran nyata dalam mengungkapkan berbagai isi pikiran. Jadikan esai ini sebagai karya yang otentik dan orisinal agar ini bisa menjadi nilai tambah untuk mendapatkan posisi di kampus ini. Pilihlah topik yang memberikan inspirasi serta menjelaskan kepada calon kampus kamu nantinya siapa kamu sesungguhnya. Mintalah pendapat kepada orang-orang terdekat kamu dan meminta mereka untuk menilai hasil esai kamu.

Persiapkan materi dan perkiraan jawaban untuk interview

Beberapa universitas membutuhkan interview mendalam bagi para kandidatnya. Bagi para calon mahasiswa tentu ini merupakan kesempatan besar agar bisa mengenyam pendidikan di luar negeri. Selain interview ini untuk mengukur apakah seorang calon mahasiswa cocok di kampus tersebut, tetapi juga agar kamu bisa mengetahui apakah sekolah tersebut cocok untuk kamu tempati.

Sebelum interview kamu bisa mempersiapkan berbagai hal mulai melakukan riset mengenai universitas yang nanti akan menginterview kamu dan mempersiapkan beberapa hal yang sekiranya bisa kamu tanyakan saat akan wawancara. Jadikan wawancara ini sebagai langkah dimana kamu dapat menunjukkan berbagai ide, kreatifitas, dan kecerdasan kamu sebagai pelajar dari negeri tanah air. Hilangkah rasa gugup agar tidak terbata-bata dalam menjawab semua pertanyaan.

Demikian sejumlah cara yang bisa kamu terapkan sebelum mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di international university. Perlu kamu ketahui juga bahwa Universitas Indonesia juga memiliki program yang menyediakan layanan bagi warga negara asing yang ingin berkuliah di Indonesia serta mahasiswa  Indonesia yang ingin berkuliah di luar negeri. Apabila kamu adalah seorang calon mahasiswa, kamu bisa menetapkan hati untuk bisa berkuliah di UI dan lalu melanjutkan kuliah ke luar negeri melalui berbagai program yang ditawarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Mix & Match Kalung Emas Simple Agar Tampilan Lebih Maksimal