Langkah Sederhana untuk Pemasaran Bisnis

Konten merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran digital atau digital marketing. Contoh konten yang digunakan untuk pemasaran yaitu artikel, video, foto, infografis, dan lain sebagainya. Karena konten sangat berpengaruh pada pemasaran, maka Anda harus mengetahui perencanaan content production atau produksi konten yang tepat. 

Perencanaan yang tepat membuat konten yang susah-susah Anda buat lebih berhasil. Tidak ingin bukan jika konten yang dibuat susah-susah ternyata gagal? Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan konten yang harus dipahami oleh content creator:

Menentukan Goal atau Tujuan

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk memproduksi konten adalah menentukan goal utama maupun goal turunan. Pasalnya setiap project yang dijalankan pasti menginginkan hasil yang berbeda-beda. Jadi pastikan mengetahui apa yang diinginkan melalui produksi konten tersebut.

Anda bisa menentukan goal berdasarkan musim. Misalnya goal utama adalah musim hujan. Kemudian goal turunannya bisa berupa makanan enak yang cocok dimakan saat hujan, isu banjir, barang-barang penghangat, dan lain sebagainya.

Menentukan tujuan proses produksi konten menjadi dasar dalam membuat konten yang tepat sasaran dan berkualitas. Selain isu-isu tersebut, goal produksi konten juga bisa berupa target exposure saat konten sudah dipublikasikan nantinya.

Membagi Tugas

Jika sudah mengetahui goal dari produksi konten yang akan dijalankan. Selanjutnya ke proses kedua yaitu membagi tugas. Meskipun terdengar simple, namun produksi konten berkualitas membutuhkan kerja sama tim yang baik. Pembagian tugas yang buruk membuat project terhambat. Apalagi jika pekerjaan dilakukan oleh orang yang seharusnya tidak memegang tugas tersebut.

Pembagian tugas harus dilakukan dengan bijak agar orang yang mendapatkan tugas benar-benar kompeten di bidangnya. Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengevaluasi kerja tim jika bisa membagi dengan bijak.

Tugas yang dipegang oleh orang kompeten di bidangnya pastinya tepat sasaran dan minim risiko. Jika Anda belum bisa membuat tim sendiri, maka solusinya adalah menggunakan jasa agensi pemasaran digital yang pastinya sudah berpengalaman.



Menentukan Timeline

Setelah konten jadi, maka Anda harus mempublikasikan. Proses publikasi ini ternyata juga membutuhkan pertimbangan. Anda harus menentukan timeline yang tepat agar konten bisa sampai ke target audiens dengan efektif. 

Dalam publikasi konten ada yang namanya prime time. Prime time sendiri merupakan waktu saat audiens sedang ramai. Membagikan konten di waktu tersebut memungkinkan Anda mendapatkan audiens lebih banyak.

Selain itu, timeline juga membantu memastikan bahwa tim Anda bisa rutin melakukan publikasi. Ciri timeline yang tepat yaitu publikasi rutin dengan konten yang tepat. 

Evaluasi

Langkah terakhir dalam produksi konten adalah melakukan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan setelah project berjalan dan konten dipublikasikan. Adanya evaluasi membantu Anda dan tim memperbaiki hal-hal yang mempengaruhi pencapaian target. 

Itulah langkah sederhana content production yang harus dipahami. Membuat konten memang tidak mudah, apalagi jika Anda bukan content creator. Ada banyak pertimbangan agar konten yang dibuat berhasil. Untuk mendapatkan konten yang berkualitas, sebaiknya Anda bekerja sama dengan agensi digital seperti IDEOWORKS.

Agensi terpercaya sejak tahun 2013 ini akan memastikan proses pembuatan konten berjalan dengan baik dan efektif. Tim yang bekerja untuk perusahaan Anda adalah tim yang kompeten di bidangnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai kualitas. Sebelum bekerja sama, Anda bisa menghubungi tim IDEOWORKS untuk konsultasi gratis. Website resmi yang bisa Anda kunjungi untuk informasi penting yaitu www.ideoworks.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya