Penyebab Kucing Obesitas yang Perlu Anda Ketahui

kucing obesitas


Obesitas merupakan kondisi di mana lemak menumpuk secara berlebihan sehingga memengaruhi keseimbangan asupan energi yang ada di tubuh. Bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami obesitas, kucing juga bisa mengalami obesitas. Kucing obesitas memiliki berat badan berlebihan sehingga harus segera ditangani. Sebelum menanganinya, ketahui penyebab kucing mengalami obesitas berikut ini:

Kebiasaan Makan

Penyebab kucing mengalami obesitas yang paling sering terjadi adalah kebiasaan makan. Kucing yang lebih sering makan makanan kering ternyata lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan dibandingkan kucing yang makan makanan basah. Selain itu, kebiasaan makan seperti terlalu cepat makan, mudah bosan, dan sering meminta makan juga memicu obesitas.

kucing obesitas


Tidak Banyak Bergerak

Kucing yang malas bergerak dan lebih suka bersantai cenderung berisiko mengalami obesitas. Hal tersebut sama seperti manusia, semakin jarang bergerak maka kemungkinan naik berat badan akan semakin tinggi. Untuk menghindari obesitas, Anda harus mendorong kucing aktif bergerak.

Kucing yang Disteril

Steril kucing adalah tindakan operasi yang bertujuan mengeluarkan organ reproduksi berupa testis atau indung telur. Tujuannya agar kucing lebih sehat dan tidak bisa berkembang biak. Kucing yang melakukan prosedur steril ternyata cenderung mengalami kenaikan tingkat metabolisme, jadi mereka menjadi lebih mudah lapar. Akhirnya berat badan pun cenderung lebih mudah naik.

Usia Kucing

Siapa sangka usia ternyata menjadi salah satu faktor penyebab kucing mengalami obesitas. Kucing yang berada di usia paruh baya yaitu 8-12 tahun mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan kucing muda atau tua. Jika memiliki kucing di usia tersebut, Anda harus lebih waspada.

Kondisi Kesehatan

Penyebab obesitas pada kucing yang terakhir yaitu kondisi kesehatan. Ada kondisi kesehatan tertentu yang memicu kenaikan berat badan pada kucing. Contohnya yaitu arthritis yang membuat kucing sulit bergerak atau alergi sehingga pilih-pilih makanan.

Itulah beberapa penyebab kucing obesitas yang perlu Anda ketahui. Pilihlah makanan tepat untuk membantu mencegah obesitas pada kucing. Royal Canin bisa Anda jadikan pilihan karena variannya bisa disesuaikan dengan kondisi anabul. Informasi mengenai varian yang bisa dipilih ada di website www.royalcanin.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya