Apa Itu Sosial Media Campaign? Pengertian, Manfaat, dan Caranya

Foto gratis dari Media

Tidak hanya menjalin pertemanan, pelaku pemasaran juga dapat menggunakan sosial media campaign untuk lebih dekat dengan pelanggan dan tujuan pemasaran mereka.

Apa itu kampanye media sosial? Mari kita cari tahu definisi media sosial terlebih dahulu.

Media sosial mengacu pada semua saluran komunikasi online (situs web) yang didedikasikan untuk interaksi berbasis komunitas.  Ini bisa dalam bentuk pembuatan konten, berbagi, dan kolaborasi.

Kampanye media sosial adalah strategi pemasaran di mana Anda menggunakan platform media sosial yang berbeda untuk berinteraksi dengan pelanggan dan prospek Anda.

Lantas, bagaimana mengukur dan melacak kampanye media sosial?

Untuk menentukan kemajuan dan efektivitas kampanye media sosial, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan Anda.  Ini akan membantu Anda menetapkan indikator kinerja utama (KPI).

Misalnya, jika tujuan kampanye media sosial Anda adalah brand awareness, KPI Anda dapat berupa jumlah tayangan yang diterima posting Anda di platform sosial Anda. Anda dapat  menggunakan alat analitik yang melacak bagaimana pengikut Anda terlibat dengan konten Anda.

Manfaat Social Media Campaign Pada Marketing

Pelaku pemasaran menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.  Apa manfaatnya untuk bisnis Anda? Ini dia:

Brand Awareness

Dengan memiliki kehadiran yang kuat di media sosial, Anda meningkatkan peluang popularitas merek Anda meningkat.

Layanan pelanggan

Banyak pelanggan sekarang beralih ke penandaan merek di komentar untuk mendapatkan beberapa informasi atau untuk menilai sebuah produk

Sebagai pemasar, Anda perlu memastikan bahwa akun media sosial bisnis Anda aktif untuk bertemu pelanggan Anda di mana mereka berada dan melayani mereka di saluran pilihan mereka.

Mempromosikan produk atau layanan

Media sosial juga merupakan tempat yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.  Anda dapat melakukan ini dengan promosi berbayar atau secara organik hanya dengan meminta pengikut Anda untuk membagikan pos Anda dengan teman-teman mereka.

Cara Menjalankan Kampanye Media Sosial

Setelah melihat manfaat luar biasa dari pemasaran media sosial, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang perlu dilakukan untuk membuat kampanye media sosial yang baik.  

Cari Alasan

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan sebelum kampanye adalah mengapa Anda menjalankan kampanye ini?   Secara umum, tujuan umum untuk menjalankan kampanye media sosial meliputi:

  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Mendapatkan informasi
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendapatkan pelanggan
  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Kemudian, setelah menetapkan sasaran Anda, sangat penting untuk menyatakan metrik yang akan Anda gunakan untuk mengukur pencapaian sasaran Anda.

Pilih Channel Media Sosial

Saat menjalankan kampanye media sosial, Anda cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik ketika Anda fokus pada beberapa saluran media sosial.

Pertama persona pembeli. Dari persona pembeli Anda, Anda memiliki gagasan tentang saluran media sosial favorit audiens ideal Anda.  Sering kali, itu juga tergantung pada jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.  

Cara lain untuk memilih saluran media sosial untuk kampanye Anda adalah dengan melihat hasil sebelumnya di analitik situs web Anda.  Saluran mana yang telah merujuk lebih banyak pengunjung ke situs web Anda di masa lalu?  Saluran mana yang menghasilkan lebih banyak prospek?  Apakah ada perbaikan cepat yang dapat Anda lakukan?

Menyatakan saluran ini akan mempengaruhi kampanye Anda karena setiap saluran memiliki praktik terbaiknya.  Selanjutnya, setiap saluran memiliki jenis konten dan frekuensi posting terbaik.  Misalnya, apa yang berfungsi di Twitter belum tentu berfungsi di Instagram dan ada perbedaan besar antara LinkedIn dan sebagian besar jejaring sosial utama lainnya.k

Buat Kalender

Saat Anda menjalankan kampanye media sosial, waktu sangat penting. Dengan menggunakan kalender media sosial, Anda dapat menguraikan konten Anda dari awal kampanye hingga akhir.

Dengan adanya kalender, tim Anda dapat fokus pada apa yang perlu dilakukan pada waktu tertentu. Selain itu, Anda dapat menggunakan kalender untuk menjadi pegangan saat membuat konten.

Itulah yang perlu Anda ketahui tentang social media campaign. Anda dapat mengandalkan IDEOWORKS untuk membuat social media campaign terbaik dan mengasistensi Anda dalam strategi pemasaran digital lain. Bersama IDEOWORKS, branding dan penjualan semakin di depan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya