Tips Mengetahui Anting Berlian Asli dengan Cara yang Mudah

Jika Anda berniat untuk membeli anting berlian, selain memilih model yang sesuai, Anda juga wajib untuk memastikan keaslian berliannya. Selain modelnya yang mampu menunjang penampilan, anting berlian asli juga cocok untuk Anda jadikan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Hal tersebut karena mengingat harga berlian yang relatif stabil dari waktu ke waktu. 

Tidak bisa dipungkiri, hampir semua wanita menginginkan anting yang indah, terutama anting berlian. Meskipun ukurannya kecil namun perhiasan yang satu ini memiliki pengaruh yang cukup besar yang mampu membuat penampilan seorang wanita semakin menarik dan menawan. Ditambah saat ini ada banyak sekali model anting yang bisa dengan mudah di temukan di pasaran. Model-model anting yang beragam tersebut akan lebih indah ditambah dengan kilau yang bisa dipancarkan oleh berlian. Lalu, bagaimanakah cara menentukan keaslian berlian tersebut?

Tips Mengetahui Keaslian Berlian

Dalam membeli perhiasan berlian, termasuk anting, Anda dituntut untuk teliti dan juga berhati-hati karena tidak jarang ada oknum nakal yang menjual berlian dengan kualitas rendah bahkan palsu. Oleh karena itu, ada hal yang perlu diperhatikan agar Anda terhindar dari hal tersebut, salah satunya tidak mudah tergiur dengan perhiasan anting berlian yang memiliki harga yang sangat murah. Selain itu, Anda juga bisa memastikan berlian pada anting yang Anda pilih benar-benar asli dengan melakukan beberapa cara tips berikut ini yang Kami hadirkan khusus untuk Anda.

Menguji dengan Tes Embun

Cara mudah mudah untuk mengetahui keaslian berlian yang pertama adalah dengan melakukan tes embun. 

Caranya yaitu letakkan anting di depan mulut, lalu hembuskan napas ke arah berlian tersebut. Berlian yang terindikasi palsu akan meninggalkan embun selama beberapa saat, sedangkan berlian asli sama sekali tidak meninggalkan embun.

Memperhatikan tingkat Refractivity

Refractivity atau kebiasan merupakan salah satu sifat berlian asli yang mampu membelokkan cahaya yang melaluinya. Karena keterbiasaan inilah, berlian bisa memancarkan kilauan yang indah. 

Cara mengujinya Anda bisa meletakkan berlian di atas kertas atau koran, kemudian lihat tulisannya apakah terbaca atau tidak. Sifatnya yang mampu untuk membelokkan cahaya membuat Anda tidak membaca tulisan yang ditutupi berlian. Jika tulisan terbaca, maka bisa saja berlian tersebut palsu.

Menguji dengan kaca pembesar

Cara yang mudah lainnya adalah dengan menggunakan kaca pembesar khusus untuk mendeteksi keaslian berlian. Dengan menggunakan kaca pembesar khusus yang dikenal dengan loop, Anda bisa melihat inklusi atau tanda cacat pada berlian. 

Berlian asli memiliki sedikit tanda cacat karena terbentuk alami di dasar Bumi. Namun, ada juga berlian yang bersih namun sangat langka dan harganya pun sangat mahal. Jika berlian tersebut bersih dan dengan harga yang relatif murah, kemungkinan berlian tersebut palsu.

Memiliki sertifikat

Perhiasan berlian, termasuk anting berlian memang merupakan barang berharga yang memiliki harga cukup tinggi. Oleh sebab itu, anting berlian asli selalu disertai sertifikat. 

Ada dua opsi dalam sertifikat ini yaitu sertifikat toko, jika perhiasan tersebut terbuat dari berlian lokal. Ada juga sertifikat GIA (Gemological Institute of America) khusus untuk berlian yang sudah diverifikasi keasliannya oleh lembaga peneliti berlian dunia ini. Jika anting berlian tersebut disertai sertifikat yang jelas, Anda tidak perlu meragukan lagi keasliannya.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengetahui keaslian berlian pada berbagai perhiasan, termasuk anting. Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan anting berlian asli dengan membelinya di toko perhiasan profesional seperti The Palace Jeweler.

The Palace Jeweler merupakan toko perhiasan profesional, terpercaya dan terlengkap di Indonesia yang selalu menyertakan sertifikat di setiap produk perhiasan yang ditawarkannya. Hal tersebut tentu bisa membuat para konsumen yakin dengan kualitas dan juga keaslian perhiasan yang mereka beli. Untuk informasi lebih lengkap atau Anda ingin melihat koleksi lengkap yang dimiliki The Palace Jeweler bisa mengunjungi mereka melalui website https://thepalacejeweler.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya