Mengenal Kualitas Cincin Berlian Berdasarkan Warna Berlian



Kualitas berlian pada cincin yang Anda beli dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), kualitas cincin berlian dipengaruhi oleh empat faktor yaitu color atau warna, clarity atau kejernihan, cut atau potongan, dan carat weight atau berat karat. Warna yang dimaksud ini khusus untuk berlian bening atau transparan, bukan fancy color diamond atau berlian berwarna.

Warna atau color menunjukkan seberapa bersih dan bening berlian yang ada di cincin yang Anda beli. Semakin bagus warnanya maka keindahan yang dihadirkan oleh berlian akan semakin tinggi. Namun warna ini tidak bisa dilihat oleh mata orang awam secara langsung. Dibutuhkan penelitian untuk mengukur nilai sebuah warna berlian.



Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membeli cincin yang memiliki sertifikat. Pasalnya di dalam sertifikat tersebut terdapat kualitas warna yang menentukan harganya. Berikut ini adalah skala urutan kualitas warna berlian pada cincin dari rendah ke tinggi:

Skala Very Light dan Light

Skala warna paling rendah dari sebuah berlian adalah Very Light dan Light. Sebenarnya skala Very Light memiliki kualitas yang sedikit lebih unggul dibandingkan Light. Namun tidak ada perbedaan jauh di antara keduanya. 

Skala Very Light hadir dalam huruf mulai dari N, O, P, Q, dan R. Sementara skala Light yaitu S sampai dengan Z. Berlian dengan warna paling buruk adalah Z. Berlian dengan kualitas Very Light dan Light memiliki rona kuning dan coklat yang cukup jelas.

Skala Faint

Satu tingkat di atas Very Light dan Light adalah skala Faint. Berlian yang masuk ke dalam skala Faint memiliki warna yang pucat. Ada warna kuning atau coklat, namun terlihat samar-samar. Warna yang hadir berasal dari jejak kimiawi atau alami dari proses penambagan.

Berlian yang masuk ke skala Faint ditandai dengan tiga huruf yaitu K, L, dan M. Paling tidak jika membeli cincin berlian wanita, kualitas warna berada di level Faint. Masih bagus namun bisa disesuaikan dengan budget yang terbatas.

Skala Near Colorless

Sesuai nama yang disematkan, kualitas warna ini mendekati sempurna. Orang awam mungkin mengira bahwa berlian near colorless memang tidak berwarna. Namun sebenarnya ketika ada pantulan cahaya, ada bias warna yang terlihat samar-samar.

Cincin dengan kualitas near colorless ditandai dengan huruf G, H, I, dan juga J. Meskipun belum sebaik kualitas tertinggi, namun near colorless sudah sangat baik.

Skala Colorless Diamond

Skala kualitas berlian transparan atau bening yang paling tinggi adalah skala colorless diamond. Berlian yang masuk ke colorless diamond dilambangkan dengan huruf D, E, dan F.

Grade atau skala yang paling tinggi adalah D dengan harga yang mahal dan keindahan tiada duanya. Biasanya kolektor yang siap mengeluarkan budget tinggi yang memilihnya.

Fancy Color Diamond

Fancy color diamond atau berlian berwarna tidak menggunakan skala di atas. Pasalnya fancy color diamond sendiri memang terbilang langka. Karena kelangkaan itu, semua warna dari fancy color diamond harganya mahal.

Itulah skala urutan kualitas warna berlian mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Mondial Jeweler menawarkan cincin berlian dengan kualitas warna yang sangat baik. Selain itu, ada juga cincin mewah yang menggunakan fancy color diamond. Salah satu rekomendasinya adalah Jovial Ladies Ring yang unik sekaligus indah. Cincin tersebut menggunakan deretan berlian yang disusun rapi. Lihat detail cincinnya melalui website resmi Mondial Jeweler yaitu www.mondialjeweler.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya