6 Kiat Mudah dan Efektif Menyisihkan Uang Tabunganku


Anda yang sudah beranjak dewasa wajib untuk mengelola keuangan dengan baik. Oleh sebab itu, biasakan diri untuk menabung agar terhindar dari perilaku konsumtif. Sebenarnya, menabung harus dibiasakan sejak masih kecil agar menjadi kebiasan hingga tumbuh dewasa. Produk Tabunganku dari bank Sinarmas bisa Anda pilih karena memberikan banyak keuntungan.

6 Kiat Menabung

Saat belajar menabung jangan memikirkan nominal yang sangat besar. Namun, kunci sukses menabung adalah konsisten dalam menjalankannya. Di bawah ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda ikuti:


Tabung Uang Koin

Bagi Anda yang masih baru memulai menabung bisa dengan menyediakan celengan khusus uang koin. Uang koin biasanya Anda dapatkan dari kembalian saat membeli sesuatu. Meskipun nominalnya kecil namun jika dikumpulkan bisa lumayan juga. Dengan memberikan tempat khusus, rumah Anda pun akan menjadi lebih rapi karena uang koin tidak tercecer dimana-mana.

Menabung Setiap Hari dengan Jumlah yang Sama

Untuk melatih Anda supaya konsisten dalam menabung maka bisa melakukannya setiap hari. Supaya tidak memberatkan maka jangan menabung dengan jumlah yang sangat besar. Anda bisa mencoba menabung mulai dari Rp.2.000 setiap hari. Nah, jika dikalikan 30 maka jika konsisten dalam satu bulan Anda mendapatkan Rp.60.000.

Tentukan Anggaran

Supaya menabung lebih terarah maka tentukan anggaran di awal. Penentuan anggaran tentu harus disesuaikan dengan kemampuan. Anda mungkin bisa menyisihkan 40% dari pendapatan bulanan yang diterima. Namun, pastikan pula sisa 60 % uang Anda bisa mencukupi tagihan bulanan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Langkah ini cukup efektif untuk Anda yang ingin berhemat dan memiliki cashflow yang lancar.

Menabung Sesuai Tanggal

Anda yang menabung dengan cara manual bisa mencoba cara menabung berdasarkan tanggal dalam kalender. Maksudnya adalah jumlah uang yang Anda sisihkan sama dengan tanggal tersebut. Misalkan tanggal 1 Anda menabung Rp.1.000, tanggal 2 Rp.2.000 dan seterusnya hingga tanggal 30 Rp.30.0000.

Menabung Uang Sisa Belanja

Anda mungkin memiliki anggaran belanja harian. Namun, jika uang belanja harian tersebut ada sisa maka Anda bisa mengalokasikannya untuk tabungan. Cara ini juga bisa untuk Ada yang mengatur uang belanja mingguan atau bulanan. Nah, jika Anda sudah memiliki prioritas untuk menyisihkan uang maka tentu akan lebih hemat dan cermat dalam menggunakan uang.

Anda pun akan lebih semangat untuk mencari tempat belanja yang menawarkan banyak promo atau diskon. Selain itu, cara ini juga bisa membantu Anda lebih kreatif dalam menyajikan makanan di rumah. 

Membuat Rekening Tabungan Sendiri

Supaya uang tabungan lebih mudah diperiksa sebaiknya Anda membuka rekening tabungan tersendiri. Uang tabungan dan uang harian tercampur justrus akan membuatnya mudah terpakai untuk keperluan yang tidak penting. Setelah menerima gaji Anda bisa langsung memindahkan sejumlah uang yang ingin di tabung.

Rekening Tabungan Bank Sinarmas

Jika Anda mencari referensi rekening untuk tabungan maka bisa memilih produk Tabunganku miliki bank Sinarmas. Pengguna tabungan ini tidak akan dikenakan potongan administrasi bulanan sehingga saldo tidak berkurang. Menabung juga semakin untuk karena bunga yang diberikan kompetitif. Untuk mulai membuka rekening ini juga tidak sulit karena persyaratannya sederhana.

Anda hanya perlu menyiapkan NPWP dan fotocopy KTP saja. Untuk mengisi formulir pendaftaran Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di website yang telah disediakan. Selain itu, Anda akan diminta melakukan penyetoran awal sebesar Rp.20.000. Setoran awal tersebut tentu sangat ringan sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat luas yang ingin menabung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya