Tips Budgeting Harga Cincin Nikah Sesuai dengan Kebutuhan

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali pengeluaran yang harus Anda siapkan saat prosesi pernikahan berlangsung. Memerhatikan harga cincin nikah juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang penting agar Anda bisa memiliki cincin yang sesuai dengan budget pernikahan.

Saat ini harga cincin tergolong cukup beragam. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkannya agar tidak melampaui budget yang sudah Anda tentukan. Berikut tips budgeting untuk cincin pernikahan yang baik dan benar.

1.  Memperhitungkan Jenis Material

Ada dua pilihan jenis material untuk rangka cincin yang cocok sebagai cincin pernikahan. Dua material tersebut yaitu emas kuning dan emas putih. Harganya keduanya berbeda. Harga emas putih per satu gram cenderung lebih mahal dibandingkan emas kuning dalam ukuran yang sama.

Selain jenisnya, Anda juga harus mempertimbangkan beratnya. Ketahui seberapa berat yang ideal untuk jenis material emas yang Anda butuhkan sesuai budget? Silahkan hitung terlebih dahulu.

2.  Cek Harga Berlian

Dibandingkan material, berlian tergolong lebih banyak pilihan bentuk maupun harganya. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan budgeting untuk jenis berlian.

Harga berlian dipengaruhi oleh berat, jenis dan bentuknya (cutting). Selain itu, kualitas berlian juga dinilai oleh standar 4C atau clarity, carat, cutting, dan color. Biasanya berlian dengan standar GIA (Gemological Institute of America) sudah memenuhi standar 4C.


Untuk Anda yang ingin menghemat, berlian dengan standar GIA saja sudah cukup. Namun untuk yang ingin berlian mewah, berlian berjenis fancy diamond bisa menjadi pilihan yang paling ideal.

3.  Survei Harga Cincin di Pasaran

Agar Anda bisa melakukan budgeting secara akurat, sebaiknya lakukanlah survei terlebih dahulu. Lakukan survei di tempat-tempat yang mudah untuk Anda kunjungi. Selain itu, survei juga bisa melalui internet.

Survei akan membantu Anda untuk mendapatkan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menghitung budgeting biaya pernikahan, khususnya saat berencana membeli cincin untuk pernikahan.

Setelah itu, buatlah list hasil survei Anda. Masukkan beberapa cincin sekaligus untuk nantinya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan budget Anda.

4.  Tentukan Hasil Survei

Setelah Anda mencatat cincin yang sudah Anda survei tadi, silahkan rundingkan bersama pasangan untuk memilih tipe yang seperti apa yang mereka inginkan. Pasalnya, semua hasil survei tentu sudah sesuai dengan budget yang Anda siapkan tinggal Anda menentukan desainnya saja.

Desainnya sendiri tidak selalu harus sama atau senada. Anda juga bisa memilih desain yang berbeda antara satu desain dengan desain yang lainnya. Namun untuk yang ingin selaras, Anda bisa memilih jenis cincin couple atau bisa juga memesan cincin custom yang lebih unik.

Rekomendasi Cincin Berkualitas dengan Harga Pas

Sedang mencari cincin nikah yang pas di budget? The Palace bisa menjadi brand perhiasan yang cocok untuk Anda. Kini Anda tidak perlu survei di berbagai toko perhiasan, karena di brand yang satu ini Anda bisa membuat list untuk kebutuhan cincin pernikahan dengan pasangan.

Banyak koleksi yang ditawarkan. Di sisi lain, koleksinya pun dibuat langsung oleh desainer maupun pengrajin perhiasan ternama yang sudah berpengalaman. Selain kualitasnya yang bagus, harganya pun sangat pas di kantong.

Anda juga bisa mengecek koleksi cincinnya langsung di website official The Palace. Di sana Anda bisa mencari jenis cincin yang cocok sesuai keinginan.

Demikian informasi seputar tips budgeting harga cincin nikah agar sesuai dengan budget pernikahan Anda. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya