Kenali Daftar Penyakit Anjing Tua

Bagi Anda pecinta hewan khususnya anjing banyak hal yang perlu diperhatikan, terutama jika kondisi anjingnya sudah tua. Anjing tua memiliki fisik yang sudah tidak prima dan biasanya rentan terserang penyakit. Terlebih jika kebersihan dan pola makan anjing tidak dijaga. Karenanya jika kamu memiliki anjing tua, kamu harus memberikan perhatian ekstra dalam perawatannya.

Daftar Penyakit Anjing Tua


Ada beberapa jenis penyakit yang biasanya dialami oleh anjing tua. Namun jangan khawatir karena berbagai penyakit ini bisa dicegah dan juga diatasi. Langsung saja, berikut kita lihat daftar penyakit yang biasa menyerang anjing tua :

1. Hipotiroidisme

Salah satu penyakit anjing tua yang paling umum adalah hipotiroidisme. Penyakit ini adalah suatu kondisi saat kelenjar tiroid anjing mulai melemah serta kurang aktif.

Hipotiroidisme berkaitan erat dengan kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar tiroid. Sehingga kelenjar tiroid akan mengalami kerusakan.

Saat mengalami hipotiroidisme, berat badan anjing akan bertambah meski telah meminimalkan porsi makan. Selain itu, juga ditandai dengan perilaku lemah serta bulu menjadi kusam.

2. Kehilangan penglihatan

 Saat memasuki usia tua, anjing juga akan mulai kehilangan penglihatannya. Hal ini terjadi ketika sel-sel pembentuk lensa mata mulai menumpuk. Anjing dengan penyakit diabetes biasanya akan mengalami kehilangan penglihatan lebih cepat.

3. Disfungsi kognitif

Disfungsi kognitif pada anjing mirip dengan alzheimer yang terjadi pada manusia. Yang bisa kamu lihat dari disfungsi kognitif ini adalah perubahan yang terjadi pada perilaku anjing yang sudah tua.

Pada anjing tua, pembuluh darahnya akan memburuk sehingga aliran darah dan oksigen ke otak akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan perubahan perilaku, disorientasi, kekurangan rekognisi, pelupa, mengalami gangguan tidur, dan menunjukkan sikap memusuhi.

4. Osteoartritis

Anjing tua biasanya akan mengalami pincang yang disebabkan oleh rusaknya tulang rawan. Anjing tua memiliki regenerasi sel yang terbilang lambat sehingga osteoartritis sulit diobati. Obat dari dokter biasanya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit serta memperlambat perkembangan osteoartritis.

Itulah empat penyakit yang biasa terjadi pada anjing tua. Namun jangan khawatir karena dengan perhatian khusus, penyakit ini bisa diatasi. Jika tidak bisa disembuhkan, minimal bisa diperlambat pertumbuhan penyakitnya dengan obat dari dokter.

Lebih baik juga untuk memberikan asupan gizi si anabul kesayangan dengan makanan terbaik. Seperti memilih produk Royal Canin Recovery khusus anjing untuk asupan gizi penyembuhan si anabul kesayangan. 

Karena produk dari Royal Canin terbukti sudah memberikan gizi untuk hewan peliharaan kamu. Adapun beberapa produk lainnya, ada dry food dan wet food. Semuanya mempunyai gizi penting untuk si anabul.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya