Diet Gagal Terus? Coba Ikut Saran Ahli Gizi Yuk

Kata diet lebih sering digunakan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Padahal arti diet itu sendiri adalah mengatur pola makan dan makanan yang dikonsumsi guna menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan pastinya. Nah, kamu yang memiliki berat badan di bawah ideal juga bisa lho melakukan diet. Program diet untuk menaikkan berat badan dengan kamu yang ingin menaikkan berat badan tentu sangat berbeda ya, namun yang harus diperhatikan selama diet yaitu semua kebutuhan nutrisi haris harus tetap tercukupi. Agar program diet berjalan dengan lancar dan sukses sebaiknya ikuti saran dari ahli gizi. Diet ekstrim atau sembarangan dapat mengganggu kesehatan karena tubuh kekurangan nutrisi.

Apa Saja Tips Diet Sehat Menurut Ahli Gizi?

Di bawah ini merupakan rangkuman tips untuk menurunkan berat badan yang banyak disarankan oleh pakar gizi. Sudah kan penasaran apa saja tips-tipsnya? Langsung simak informasi di bawah ini ya.

Buat Rencana Makan besok

Pada saat lapar orang akan cenderung impulsif dalam mengkonsumsi makanan. Snack atau kue sering dijadikan pilihan untuk mengganjal rasa lapar tersebut. Alhasil, diet gagal dan berat badan pun semakin bertambah. 

Agar tidak asal makan ketika mulai terasa lapar maka siasati dengan merencanakan makanan untuk keesokan harinya. Membuat rencana menu makanan ini bisa dilakukan ketika sedang santai sehingga lebih banyak waktu untuk memikirkannya. Dengan demikian, ketika lapar mulai melanda maka sudah tahu makanan apa yang akan dikonsumsi.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Meskipun diet, asupan karbohidrat harus terpenuhi agar memiliki tenaga untuk tetap beraktivitas. Karbohidrat komplek paling banyak direkomendasikan untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Kandungan serat dalam karbohidrat kompleks sangat tinggi sehingga butuh waktu lama untuk mencernanya. Hal inilah yang membuat karbohidrat ini memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga lebih sehat karena menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dll.

Bijak Memilih Kalori

Semua jenis makanan pasti mengandung kalori. Nah, bahan makanan yang sama bisa memiliki kalori lebih tinggi jika diolah dengan cara berbeda. Misalkan telur, kalori pada telur mata sapi akan lebih tinggi jika dibandingkan kalori pada telur rebus

Agar tidak terlalu mengkonsumsi banyak kalori maka kurang makanan instan, makanan cepat saji serta makanan tinggi garam, gula dan lemak. Kamu bisa memilih makanan tinggi protein agar tidak mudah merasa lapar. Makanan tinggi serat dan lemak sehat juga bisa kamu pilih untuk menu dietmu.

Lebih Banyak Konsumsi Makanan Nabati

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral dan serat sebaiknya perbanyak konsumsi makanan nabati. Buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang melimpah. Selain itu, bahan makanan tersebut juga rendah kalori. Makanan nabati juga lebih sehat karena dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, stroke, diabet dll.

Tidak Semua Makanan Harus Dihindari

Pada saat diet memang harus menghindari makanan tertentu. Namun, banyak orang-orang yang justru menghindari hampir semua makanan. Perilaku itulah yang justru akan membuat kamu mudah tergoda dengan makanan. Sebaiknya tetap konsumsi makanan yang diinginkan namun mulai mengurangi porsi yang dimakan. Hal ini akan terasa lebih tidak menyiksa hingga nanti bisa meninggalkan makanan yang kurang sehat tersebut.

Nah, agar dietmu lebih terarah mending pakai aplikasi Sirka.io saja. Kamu bisa mengkonsultasikan kondisimu sehingga dokter yang menangani dapat memberikan saran yang tepat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menjalani program diet serta tidak khawatir kekurangan nutrisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya