Tips Diet Sehat untuk Penuhi Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Selama tahun-tahun awal dan tahun kedua yang krusial itu, sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Apa yang mereka makan sekarang memiliki dampak pada kesehatan, menyokong nutrisi tumbuh kembang anak baik dalam jangka pendek dan bahkan untuk masa depannya. Di samping nutrisi, makanan yang tepat dan seimbang dapat membantu mereka membiasakan diri dalam mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga bervariasi untuk dinikmati bersama anggota keluarga yang lainnya.

Bagaimana Pola Makan Seimbang untuk Balita?

Untuk orang dewasa ada banyak panduan jelas yang ditawarkan tentang apa yang membentuk diet seimbang. Ini adalah termasuk setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari, sereal gandum atau nasi, makan beberapa bentuk protein dan produk susu, memiliki porsi ikan dan daging setiap minggu, membatasi makanan berlemak serta manis dan minum cukup untuk tetap terhidrasi.

Bagi usia toddler atau balita, mungkin memang masuk akal untuk memasukkan beberapa prinsip dari makan sehat. Tetapi penting juga untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dalam menu makanan yang dapat diatur sedemikian rupa. Jadi, itu berarti tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang banyak, serta termasuk makanan yang mengandung lemak sehat. Dengan memiliki diet seimbang sebagai satu kesatuan, anak-anak belajar untuk menikmati berbagai makanan dan semua orang bisa mendapatkan manfaatnya.

Berapa Banyak yang Harus Dimakan Balita Saya?

Sebagai panduan, balita membutuhkan tiga kali makan dan sekitar dua hingga tiga kudapan, serta enam hingga delapan minuman, setiap hari. Anak-anak pandai mengikuti selera mereka; beberapa hari mereka tidak akan makan begitu banyak dan hari-hari lain mereka  akan makan dalam jumlah yang besar. 

Karena perut mereka masih kecil, pastikan Anda memberi porsi ukuran yang tepat bagi dirinya. Tentu saja  mereka bisa mendapatkan tambahan yang lainnya jika mereka masih lapar. Menawarkan dua hidangan saat makan siang dan makan malam juga bisa menjadi cara yang berguna untuk mendapatkan nutrisi ekstra. Namun, jangan memaksakan semuanya harus habis tak tersisa setiap saat.

Seperti Apa Makanan Sehat Itu?

Diet sehat dan seimbang terdiri dari makanan dari empat kelompok makanan utama. Ini tidak harus dicapai setiap kali makan, tetapi ada baiknya untuk memasukkan sesuatu dari setiap kelompok saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan yang lain dikirimkan dalam bentuk makanan ringan. Tiga kelompok makanan utama untuk mendukung nutrisi tumbuh kembang anak adalah sebagai berikut:

Tepung-tepungan

Sertakan setidaknya lima porsi ukuran balita per hari misalnya roti, nasi, pasta, sereal dan kentang. Ini memberikan energi serta vitamin B dan kalsium. Makanan bertepung serat yang lebih tinggi, seperti sereal gandum dan beras merah juga dapat memberikan nutrisi tambahan, tetapi ini harus diperkenalkan secara bertahap.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Sertakan sekitar lima porsi buah dan sayuran seukuran tangan setiap hari. Ini bisa segar, kering, beku, kalengan atau dalam bentuk jus (tetapi batasi jus kemasan mengandung gula tambahan). Cobalah memasukkan sebanyak mungkin warna berbeda untuk memastikan variasi yang baik. Bertujuan untuk makan berbagai macam buah yang berwarna, misalnya sate buah beku yang menyediakan sumber vitamin C yang bagus dan membuat camilan atau makanan penutup yang menarik dan menyenangkan untuk anak-anak.

Produk susu

Sertakan sekitar tiga porsi per hari makanan susu seperti keju, yogurt dan susu. Varietas penuh lemak paling baik untuk balita. Dan yang paling aman adalah mengkonsumsi produk susu dari Nutricia. Mulai dari masih di dalam kandungan hingga si kecil menginjak usia toddler, semua kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak ada di dalamnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya