Alasan Jurusan Kedokteran Gigi Jadi Favorit

Menjadi mahasiswa fakultas kedokteran merupakan impian banyak orang meskipun menempuh jalur pendidikan di jurusan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan usaha yang sulit untuk bisa berhasil menjadi mahasiswa kedokteran ditambah dengan proses belajar yang cukup rumit. Salah satu jurusan kuliah di bidang kesehatan yang menjadi incaran banyak orang adalah jurusan kedokteran gigi

Alasan Mengapa Kedokteran Gigi di Universitas Kristen Maranatha Menjadi Jurusan Favorit

Prospek kerja yang menjanjikan sebagai dokter gigi membuat banyak orang tertarik untuk masuk ke fakultas tersebut. Prospek kerja yang tinggi sebagai dokter gigi dinilai wajar karena jasa dokter gigi termasuk dalam kebutuhan penting. Lulusan dari fakultas kedokteran gigi juga bisa membuka klinik sendiri untuk melayani perawatan serta pengobatan mulut selain bisa bertugas di rumah sakit maupun pusat kesehatan lainnya. Tidak hanya alasan itu, berikut adalah alasan lain mengapa jurusan kedokteran gigi difavoritkan banyak orang.

Pelajaran FKG Lebih Mudah daripada FK

Meski masih termasuk dalam satu bidang dan memiliki prospek kerja yang sama-sama tinggi, terdapat perbedaan antara fakultas kedokteran dengan fakultas kedokteran gigi. Perbedaan itu terdapat pada materi kuliah di fakultas kedokteran gigi yang lebih mudah dibanding fakultas kedokteran. Setidaknya di FKG tidak perlu mempelajari seluruh jaringan tubuh manusia. 

Meski terbilang mudah, dalam FKG terdapat banyak materi penting yang harus dipelajari. Beberapa ilmu yang dimaksud antara lain ilmu mengenai behel gigi (ortodonti), gigi palsu (prostodonti), jaringan penyangga gigi (periodonti), bedah mulut, dan masih banyak lainnya.

Berkesempatan untuk Memberikan Pelayanan di Semua Kalangan

Seseorang yang memutuskan untuk menjadi dokter tentu sudah memiliki jiwa sosial yang tinggi lantaran tugas utama dokter adalah menolong. Tak terkecuali dokter gigi yang juga berkesempatan untuk bisa membantu banyak orang ketika terjun di lapangan kerja. Tidak ada batasan masyarakat yang bisa ditolong dokter gigi karena jasa tersebut tersedia di rumah sakit besar hingga puskesmas di daerah pedesaan.

Dapat Menjadi Seorang Pemimpin

Dokter gigi merupakan salah satu profesi yang cukup berkelas. Profesi tersebut dipandang dengan strata sosial yang dihormati baik di keluarga maupun masyarakat luas. Tidak dapat dipungkiri bahwa pandangan masyarakat sangat baik terhadap profesi tersebut. Selain itu, seorang dokter gigi juga dianggap sebagai orang yang intelek, sehingga tak jarang dipilih sebagai pemimpin dalam lingkungan masyarakat, lingkungan kerja, maupun sebuah forum. 

Banyaknya Peluang Kerja

Setelah lulus dari jurusan kedokteran gigi dan mengucap sumpah dokter gigi, biasanya tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Misalnya dengan terlibat dalam manajemen pengelolaan pelayanan medis atau non-medis di pusat pelayanan kesehatan. Bahkan institusi TNI dan Polri pun juga membutuhkan tenaga medis seperti dokter gigi. Jika memiliki minat tinggi dalam dunia akademis maupun penelitian, menjadi dosen sekaligus peneliti yang khusus pada kesehatan gigi dan mulut bisa menjadi peluang kerja yang patut dicoba. 

Tingginya Potensi Sukses

Saat ini seorang dokter gigi sangat dibutuhkan di tengah masyarakat untuk perawatan gigi dan mulut. Selain berkarir dengan melakukan penanganan langsung pada pasien, dokter gigi juga dapat berkecimpung dalam pelayanan rumah sakit atau layanan kesehatan masyarakat lainnya. Sehingga peluang kerja menjadi seorang dokter gigi pun sangat luas. Di samping itu, dokter gigi merupakan pekerjaan yang memiliki penghasilan cukup tinggi di sebagian besar negara di dunia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya