Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Perlu Mams Ketahui

Anak yang tengah dalam masa pertumbuhan yakni usia diantara 0-8 tahun, sejatinya perlu mendapatkan perhatian khusus dari mams dan paps di rumah agar tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Dan perlu mams ketahui bahwa banyak sekali aspek perkembangan anak usia dini ini, yang mesti mams perhatikan. 

Dan beberapa aspek perkembangan anak usia dini yang dimaksud ini adalah sebagai berikut : 

Aspek perkembangan fisik

Aspek perkembangan anak usia dini yang satu ini meliputi perkembangan atau petumbuhan fisik dan juga keterampilan motorik kasar serta motorik halusnya. Perkembangan fisiknya bisa berupa pertambahan tinggi badan, berat badan, serta semakin berkembangnya otak anak. Sementara untuk perkembangan keterampilan motorik kasarnya berupa aktif bergerak, berlarian, melompat dan lain sebagainya. 

Dan untuk keterampilan motorik halusnya dicondongkan kedalam beberapa kegiatan yang melibatkan koordinasi mata dan tangan, serta melibatkan otot-otot yang ada pada tubuh si kecil. Beberapa kegiatan yang meliputi motorik halus ini seperti menyusun mainan balok, puzzle dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aspek perkembangan koginitif

Aspek koginitif ini lebih mengacu kepada kegiatan yang mengarah kepada si kecil untuk berpikir. Anak yang tengah dalam masa tumbuh kembang akan ada masanya untuk mulai mencoba memecahkan masalahnya sendiri, memahami hal baru yang ia temui, mengingat bentuk, nama orang-orang disekitarnya, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Aspek perkembangan bahasa

Pada saat si kecil memasuki usia 2 tahun, sejatinya ia sudah mulai menangkap dan memahami perkataan orang-orang yang ada di sekitarnya. Untuk itu mams perlu ekstra hati-hati dalam berucap atau memilihkan lingkungan saat ia bermain. Karena apa yang ia dengar, bisa saja ia ucapkan dengan spontan. 

Aspek sosial dan emosional

Aspek sosial dan emosional ini akan terus berubah mengikuti perkembangan usia si kecil. Seperti misalnya saat si kecil masih bayi, yang ia bisa lakukan saat lapar ataupun menunjukan ketidak senangnya terhadap sesuatu adalah dengan menangis. Akan berbeda dengan saat ia tumbuh menginjak usia balita mungkin akan ada ekspersi lain seperti mengucapkan sesuatu atau melakukan gestur tertentu.  

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil, juga diperlukan asupan nutrisi yang baik dari susu Wyeth Nutrition.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Aman Dan Nyaman Saat Menggunakan Uang Elektronik