Kenali Macam Bentuk Cincin Berlian Sebagai Hadiah Pernikahan

Ketika sepasang kekasih telah memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, mereka akan melalui proses pertukaran cincin atau penyematan cincin. Tahap ini menandakan mereka telah memiliki ikatan untuk berkomitmen menjaga hubungan satu sama lain. Para pasangan pastinya akan memilih cincin terbaik sebagai hadiah pernikahan mereka. Ada baiknya mencari tahu macam-macam bentuk cincin berlian agar hadiah pernikahan sesuai dengan selera kedua pasangan. Berikut adalah 10 macam bentuk cincin berlian yang bisa anda jadikan referensi sebelum membeli cincin.

Round cut (Bulat)

Bentuk cincin bulat merupakan bentuk cincin yang paling standar dan banyak digunakan. Bentuk ini merupakan bentuk yang klasik dan memiliki 58 sisi potongan untuk memaksimalkan refleksi cincin, yang berarti cincin bulat merupakan yang paling berkilau di antara bentuk lain.

Cushion cut

Bentuk Cushion cut memiliki bentuk yang sama dengan cincin bulat, namun tiap sudutnya memiliki bentuk persegi panjang yang sedikit melengkung, sehingga cincinnya terlihat seperti bantal. Bentuk ini terinspirasi dari gaya vintage yang digabungkan dengan gaya modern.


Princess cut

Cincin berbentuk princess cut memiliki bentuk kotak dengan sudut yang runcing. Bentuk ini berbeda dari cushion cut yang memiliki sudut sedikit melengkung. Bentuk ini menawarkan kesan modern pada cincin dengan 49 sisi potongan.

Oval cut

Cincin berbentuk oval cut merupakan variasi dari cincin berbentuk round cut. Bentuk ini menawarkan tampilan unik karena bentuk oval yang simetris, sehingga memberikan kesan jari yang terlihat lebih panjang. 

Emerald cut

Cincin bentuk emerald cut memiliki potongan yang berbentuk seperti tangga. Sisinya yang datar dan sudut yang sedikit miring memberinya efek seperti tangga. Walaupun tidak terlalu berkilau seperti bentuk round cut, bentuk ini menawarkan kesan berani. Dari segi harga, bentuk ini tentu saja lebih murah dibanding round cut karena tidak memiliki kilau yang sebanyak round cut.

Radiant cut

Radiant cut bentuknya hampir mirip dengan emerald cut, namun memiliki kilau yang jauh lebih terlihat dibanding emerald cut. Efek elegan emerald cut digabungkan dengan kilauan round cut, sehingga bentuk ini merupakan salah satu yang paling berkilau. Radiant cut juga lebih tahan lama dan kuat, karena sudutnya yang sedikit miring dibanding princess cut yang memiliki sudut runcing sehingga lebih rawan patah dan terkikis.

Pear cut

Pear cut memiliki 2 sudut, satu sudut memiliki bentuk runcing sementara sudut lainnya berbentuk bulat. Sehingga pear cut juga sering disebut teardrop karena memiliki bentuk mirip seperti tetesan air mata. Karena bentuknya yang memanjang, bentuk ini memberikan efek jari yang terlihat lebih kecil dan panjang.

Marquise cut

Bentuk marquise cut memiliki bentuk elips atau seperti mata kita. Marquise cut merupakan salah satu bentuk yang kurang populer, namun jika anda ingin sesuatu yang sedikit berbeda, bentuk ini cocok anda coba. Bentuk ini awalnya terinspirasi dari Madame de Pompadour, ratu prancis yang meminta agar dibuatkan berlian seperti bentuk senyumannya.

Heart cut

Heart cut seperti namanya, memiliki bentuk yang mirip hati. Hati merupakan simbol dari wujud cinta, sehingga bentuk ini sangat cocok sebagai hadiah pernikahan untuk pasangan anda sebagai pernyataan cinta. 

Baguette cut 

Baguette merupakan roti khas perancis yang memiliki bentuk panjang dan tipis. Seperti namanya, cincin baguette cut memiliki bentuk seperti roti baguette. Bentuk ini juga salah satu bentuk yang kurang populer dibanding round cut, dikarenakan bentuk ini sekilas mirip dengan emerald cut yang kurang berkilau.

Nah, setelah mengetahui berbagai macam bentuk-bentuk cincin berlian, apakah anda sudah mengetahui cincin seperti apa yang sesuai dengan selera pasangan anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Aman Dan Nyaman Saat Menggunakan Uang Elektronik