Apa Itu Deposito Valas? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

apa itu deposito

Investasi merupakan produk keuangan yang harus Anda pertimbangkan demi menjamin finansial yang lebih baik. Kondisi ekonomi yang mengalami perubahan yang tidak bisa diprediksi menjadi pelecut Anda harus segera investasi sekarang juga. Bila Anda belum punya nyali untuk mencoba investasi dengan risiko tinggi, sebaiknya pilih investasi yang berisiko rendah. Apa itu deposito valas yang bisa menjadi pilihan investasi minim risiko? Yuk, simak ulasan penting seputar deposito valas ini!

Kelebihan dan kekurangan deposito valas yang harus Anda ketahui 

Supaya Anda tidak menyesal buka rekening deposito mata uang asing, sebaiknya ketahui lebih lanjut apa itu deposito valas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki berikut :

Kelebihan deposito valas

Deposito yang menggunakan mata uang asing sebagai acuan menyimpan uang memiliki ragam kelebihan yaitu :

Punya perlindungan dari risiko fluktuasi 

Menebak pergerakan rupiah yang tidak pasti memang bukan hal mudah sebab pergerakan ekonomi dalam negeri dan luar negeri yang tidak terduga. Tak heran kalau kurs rupiah bisa stabil, melemah atau menguat sehingga Anda bisa memilih deposito valas yang bisa terhindar dari risiko tersebut.

apa itu deposito

Jangka waktu sesuai kebutuhan 

Fleksibilitas tenor yang dipilih dalam melakukan deposito valas sangat bervariasi. Anda bisa mulai menabung bentuk deposito valas bulanan atau sistem tahunan sesuai kesepakatan dengan pihak bank.

Tidak ada potongan bulanan 

Deposito valas sama seperti deposito rupiah yang membebaskan nasabah dari potongan biaya administrasi setiap bulan. Uang yang Anda simpan bakal terus bertambah tanpa cemas dipotong biaya bulanan seperti tabungan konvensional. 

Besaran bunga 

Tenang saja, Anda akan mendapatkan besaran bunga yang lebih besar dibandingkan dengan deposito rupiah atau program tabungan konvensional. Jika Anda membuka rekening deposito valas di Bank Sinarmas dengan tenor minimal 12 bulan, maka dapatkan keuntungan bunga yang menarik.

Cocok untuk orang yang bekerja dengan gaji mata uang asing

Deposito valas bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar. Membuka deposito valas direkomendasikan untuk orang-orang yang bekerja dengan gaji valuta asing seperti TKI, pegawai hotel internasional, pekerja kapal pesiar, dan lain-lain.

Kekurangan deposito valas

Sebenarnya kekurangan deposito valas merupakan hal wajar yang berlaku sistem kurs jual beli. Dengan mata uang yang berbeda, Anda bisa dikenakan kurs jual beli bila mengkonversi mata uang asing ke dalam rupiah. Mau mengambil atau menyetor uang dalam bentuk rupiah, maka ketahui perkembangan kurs rupiah dengan mata uang asing lebih dulu.

Bila menyetor uang untuk deposito valas atau mencairkan ke dalam bentuk mata uang asing, kurs jual beli tidak diberlakukan. Namun, ada baiknya Anda bertanya mengenai aturan yang berlaku di bank terkait. Jangan sampai terkecoh dengan sistem jual beli yang akhirnya merugikan Anda, alih-alih untung terhindar dari fluktuasi rupiah.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan deposito valas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin punya tabungan mata uang asing. Apa itu deposito valas bukan hal yang asing di era modern sekarang ini. Bila Anda bergaji mata uang asing, tidak ada salahnya untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito. Selain itu, pastikan Anda memilih valuta asing yang relevan dengan perkembangan ekonomi dunia. Mau pilih deposito valas USD, AUD, JPY atau CNY, sebaiknya Anda segera buka deposito valas di Bank Sinarmas terdekat atau via online. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Aman Dan Nyaman Saat Menggunakan Uang Elektronik