Intip Perkembangan Kognitif Anak yang Wajib Dikenali

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat si kecil sudah memasuki usia dini. Salah satunya yaitu memperhatikan perkembangan kognitif si kecil. Di usia dini, perkembangan tersebut dibagi menjadi empat tahapan. Nah, berikut sudah kami rangkum keempat tahapan tersebut untuk Anda.

1.  Tahapan Sensori Motor

Tahapan ini berlangsung saat si kecil di usia 0 hingga 24 bulan. Pada masa ini, kemampuan si kecil masih terbatas pada panca indera dan gerak refleksnya. Namun, gerak refleks mereka kemudian akan menjadi kebiasaan-kebiasaannya.

Si kecil di usia ini belum bisa mempertimbangkan mana keinginan, kepentingan orang lain, dan mana kebutuhan.

2.  Tahap Praoperasional

Praoperasional adalah tahapan yang berlangsung pada usia 2 hingga 7 tahun. Di usia ini si kecil akan menerima rangsangan meskipun masih terbatas. Si kecil juga sudah bisa masuk ke dalam lingkungan sosial.

Ciri-ciri si kecil yang sudah masuk ke tahap praoperasional adalah sudah bisa menggunakan operasi mental yang jarang dan secara logika kurang memadai. Di usia ini si kecil juga masih egosentris.

3.  Tahap Operasional Konkret

Masa ini berlangsung saat si kecil memasuki usia 7 hingga 11 tahun. Di usia ini mereka juga sudah mampu melakukan pengurutan serta kasifikasi objek maupun situasi-situasi tertentu. Mereka juga sudah memiliki kemampuan berpikir dan mengingat secara logis.

Nah, pada tahapan ini, mereka juga sudah mampu memahami konsep sebab dan akibat secara sistematis dan juga rasional. Dengan begitu, mereka sudah bisa belajar membaca dan juga matematika.

4.  Tahap Operasional Formal

Tahapan ini berlangsung pada saat si kecil berusia 11 tahun. Di masa ini mereka sudah bisa berpikir secara abstrak dan juga bisa menguasai penalaran. Mereka juga sudah bisa menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia.

Di usianya yang sudah mencapai 11 tahun, mereka sudah bisa memahami bahwa kenyataan tidak selalu harus hitam dan juga putih. Namun, ada juga warna lain, seperti gradasi abu-abu.

Nah, itulah informasi seputar perkembangan kognitif anak yang penting untuk diperhatikan oleh si kecil. Untuk mengoptimalkannya, penuhi asupan nutrisi si kecil dengan susu dari Wyeth Nutrition yang kaya akan vitamin dan gizi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Aman Dan Nyaman Saat Menggunakan Uang Elektronik