Benarkah Cyber Security Indonesia Sepenting Itu?

cyber security indonesia

Ketika kebanyakan orang mendengar kata cybersecurity, apa yang mereka pikirkan? Mereka mungkin berpikir tentang peretas yang mencoba masuk ke rekening bank seseorang, komputer perusahaan atau organisasi tertentu akan dibuat tidak dapat digunakan oleh ransomware. Cyber security Indonesia adalah topik yang tidak terlalu dikenal oleh kebanyakan orang, tetapi telah menjadi masalah keamanan pribadi dan nasional yang sangat berbahaya. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa keamanan cyber itu penting dan apa itu keamanan cyber.

Mengapa Keamanan Cyber itu Penting?

Jadi, mengapa keamanan cyber penting?  Keamanan cyber penting karena mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan perlindungan informasi pribadi, kekayaan intelektual, data, dan sistem informasi pemerintah serta industri kita dari pencurian dan kerusakan yang dilakukan oleh penjahat dan musuh.

cyber security indonesia

Karena peningkatan besar-besaran dalam peretasan dan upaya peretasan, keamanan cyber telah menjadi topik diskusi yang tak terhindarkan dalam beberapa tahun terakhir. Peristiwa yang terjadi dalam industri keamanan cyber dapat dan sering kali memang memiliki konsekuensi global dan kemungkinan akibat bencana.

Sekarang tampaknya bulanan, atau kadang-kadang bahkan mingguan, ada segmen dalam berita yang didedikasikan untuk membahas hasil pelanggaran data di perusahaan besar. Atau pemberitahuan bahwa peretas telah menyusup ke dalam jaringan komputer lokal dan menyandera datanya. Dan sebagai gantinya mereka harus membayar sejumlah uang (inilah yang disebut dengan ransomware). Bergantung pada orang yang melakukan peretasan, tujuan dan sasaran mereka bisa sesederhana mencuri informasi pribadi dari orang-orang yang menggunakan Wifi publik. 

Sekarang kita telah membahas apa yang membuat keamanan cyber menjadi bagian penting dari dunia digital saat ini. Dan berikutnya kita dapat melihat lebih dalam apa itu keamanan cyber. Jadi mari kita mulai dengan menyelami lebih dalam apa itu cyber security Indonesia.


Apa Itu Keamanan Cyber?

Seperti yang kita bahas bersama secara singkat sebelumnya, tujuan terpenting keamanan cyber adalah perlindungan informasi. Informasi ini dapat berupa informasi login untuk akun, rekening bank dan nomor jaminan sosial, atau informasi pribadi seperti nama dan alamat seseorang. Informasi yang dipermasalahkan juga dapat menjadi rencana atau blue print untuk desain dan rahasia dagang, seperti peluang bisnis berikutnya atau produk baru yang mereka coba buat.

Keamanan cyber juga dapat mengambil aspek politik. Peretas dapat mencoba mencurangi pemilihan umum dengan mengkompromikan pembaca suara elektronik untuk mengarahkan total suara ke kandidat mana pun yang mereka inginkan untuk memenangkan pemilihan. Karena keamanan cyber memiliki banyak aplikasi dunia nyata yang dapat menyebabkan gangguan atau bahaya bagi orang-orang, ini telah menjadi aspek integral dari kehidupan di dunia digital.

Karena keamanan cyber mencakup perlindungan atas berbagai macam aset digital, termasuk data dan informasi, sistem, kekayaan intelektual, dan lain sebagainya, keamanan cyber sebagai sebuah industri juga memiliki banyak pekerjaan dan jalur karir yang berbeda. Contoh pekerjaan keamanan cyber adalah analis keamanan, insinyur keamanan, arsitek keamanan, administrator keamanan, kriptografer pengembang perangkat lunak keamanan, kriptanalis, konsultan keamanan, insinyur jaringan, administrator jaringan, dan analis forensik. Masing-masing bidang karier ini berkaitan dengan perlindungan beberapa bagian data, informasi, atau sistem yang harus dilindungi.

Semua profesi tersebut dapat terbuka lebih luas kesempatannya jika Anda memiliki kompetensi yang terbukti dan sah secara hukum. Yaitu dengan menempuh pendidikan sarjana S1 di bidang cyber security Indonesia. Dan sebagai tempat yang tepat, IDS Digital College adalah jawabannya. Di sini Anda akan diajarkan teknik merancang sistem security, pengujian sistem tersebut, teknik pertahanan atas cyber attack hingga teknik meretas (Hacking) yang sesuai dengan hukum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Tips Menyewa Vendor Kontraktor Berikut Ini

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Menerawang Kepribadian Wanita dari Cincin Berliannya