Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Oleh Bank Penerbit

 

Alat pembayaran berupa kartu kredit semakin diminati masyarakat karena memberikan banyak keuntungan seperti diskon, cashback, reward, dan lain sebagainya. Selain itu, kartu kredit juga mudah dan praktis sehingga cocok untuk para millenials. Namun membuat kartu kredit tidak semudah membuat tabungan biasa. Tidak sedikit pengajuan kartu kredit para nasabah yang ditolak oleh bank. Ada berbagai macam alasan mengapa pengajuan pembuatan kartu kredit ditolak, di antaranya yaitu:

Formulir yang Diisi Tidak Sesuai Data

Ketika mengajukan kartu kredit, Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi. Data yang Anda masukkan pada formulir sangat berpengaruh terhadap proses verifikasi. Apabila data yang dimasukkan tidak cocok dengan dokumen yang dilampirkan maka pengajuan berisiko ditolak. Oleh sebab itu, penting sekali mengisi formulir sesuai data yang ada. Tidak hanya formulir saja, dokumen yang Anda serahkan juga harus sesuai.

Kondisi Finansial Tidak Sesuai Kriteria

Alasan selanjutnya mengapa pengajuan kartu kredit ditolak yaitu karena kondisi finansial nasabah tidak sesuai kriteria. Sebaiknya pendapatan Anda harus di atas limit kartu kredit. Misalnya limit kartu kredit Rp 8 juta maka penghasilan Anda harus di atas angka tersebut atau paling tidak sama dengan Rp 8 juta. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko nasabah tidak bisa membayar tagihan kartu kredit.

Riwayat Kredit Buruk

Riwayat kredit di masa lalu tertulis pada sistem di Bank Indonesia. Oleh sebab itu, mereka yang pernah bermasalah kredit lebih sulit mendapatkan fasilitas kartu kredit dibandingkan mereka yang memiliki riwayat kredit baik. Riwayat kredit yang buruk bisa mengurangi kepercayaan bank terhadap nasabah. Ada kemungkinan nasabah mengalami masalah kredit yang sama, sedangkan bank tidak ingin menanggung kerugian.

Tidak Mengajukan di Bank Payroll

Setiap bank memperbolehkan siapa saja untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Namun peluang disetujui lebih besar jika Anda mengajukan di bank payroll atau tempat menabung. Pasalnya bank akan lebih mudah mengecek kondisi finansial Anda jika memiliki rekening tabungan di sana. Sedangkan jika tidak memiliki rekening tabungan, maka bank harus mencari informasi mengenai data keuangan Anda.

Memiliki Banyak Kartu Kredit

Salah satu alasan yang sering tidak disadari nasabah sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit adalah banyak kartu kredit yang dimiliki. Jika Anda memiliki terlalu banyak kartu kredit, maka hal tersebut bisa menjadi alasan pengajuan Anda ditolak. Apalagi jika limit dari semua kartu kredit yang dimiliki melebihi gaji per bulan.

Perusahaan Tempat Bekerja Kurang Bonafit

Beberapa bank ternyata juga memperhatikan tempat bekerja nasabah yang ingin mengajukan pembuatan kartu kredit. Apabila nasabah bekerja di perusahaan yang memiliki catatan keuangan kurang baik, peluang pengajuan kartu kredit diterima lebih sedikit. 

Itulah beberapa hal yang sering menjadi alasan pengajuan kartu kredit ditolak oleh bank. Jika pengajuan Anda ingin disetujui, maka pastikan hal-hal di atas tidak Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa memilih kartu kredit yang mudah dalam pengajuan seperti Secure Credit Card dari Bank Sinarmas. Kartu kredit ini mudah disetujui karena Anda harus menyetorkan uang sebagai lock dana.

Besar lock dana yang harus Anda setorkan yaitu senilai Rp 500.000 hingga Rp 2 miliar. Karena menyetorkan lock dana, Anda akan mendapatkan limit sesuai 90% dari lock dana. Pengajuan Secure Credit Card ini tidak membutuhkan banyak waktu Anda karena bisa dilakukan secara online. Langsung kunjungi bansinarmas.com untuk melakukan pengajuan dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Tabungan Berjangka untuk Rencana Bisnis di Masa Depan

Aman Dan Nyaman Saat Menggunakan Uang Elektronik