Inilah Cara Mudah Mengajarkan Anak Berhitung

Saat anak sudah masuk usia satu tahun pasti mereka sudah dikenalkan tentang benda dan juga angka. Walaupun masih belum mengerti angka tersebut untuk apa. Umumnya anak akan mulai pandai berhitung ketika usianya sudah menginjak dua tahun.

Untuk mengajari anak berhitung bisa terbilang gampang-gampang susah. Ada beberapa anak yang susah untuk berkonsentrasi dan ada pula anak yang mudah untuk diajari. Berikut ada beberapa cara mengajarkan anak berhitung dengan mudah yang bisa kamu terapkan sebagai berikut:

1.       Berhitung dengan benda di sekitarnya

Cara mengajari anak berhitung pertama ini cukup mudah dengan memanfaatkan benda di sekitarnya akan dapat membantu anak bisa paham mengenai konsep berhitung. Lebih tepatnya tentang cara berhitung penjumlahan dan pengurangan. Kamu bisa meminta anak untuk menghitung seberapa banyak piring yang ada di meja makan.

Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan atau mengambil piring itu kemudian suruh anak untuk menghitungnya kembali. Tidak cuma piring saja, kamu juga bisa meminta anak untuk menghitung apel yang berada di atas piring.

2.       Bermain petak umpet

Bermain petak umpet nyatanya bisa bantu si kecil untuk bisa belajar berhitung. Saat anak giliran berjaga dan yang lainnya bersembunyi, bantu dia untuk mulai berhitung dari angka satu sampai hitungan 10. Bukan hanya bisa membuatnya semakin terbiasa dengan hitungan, permainan satu ini juga akan dapat membantu anak bisa bergerak dengan aktif.

3.       Memasukkan kue ke dalam toples

Memasukkan kue ke dalam toples juga bisa menjadi cara mudah untuk mengajari anak belajar berhitung. Kamu bisa meminta anak untuk memasukkan 5 buah atau 10 buah kue ke dalam toples. Lalu tambah kue tersebut atau makan kue tersebut biar anak menghitungnya kembali. Hal ini akan dapat membantu dia bisa terbiasa dengan perhitungan.

4.       Memasang poster angka

Dengan memasang poster angka kamu akan membantu anak untuk belajar berhitung. Anak akan bisa melihat poster itu setiap hari sampai mereka terdorong untuk mempelajari apa yang ada di poster tersebut. Pilih poster yang memiliki beragam warna atau poster yang ada gambar tokoh kartun favorit anak supaya dia bisa tertarik untuk mempelajarinya.

Itulah beberapa cara mengajari anak berhitung yang bisa kamu terapkan. Perlu diingat bahwa mengajari anak berhitung sebaiknya jangan membuat mereka merasa terbebas sampai memarahi dan juga membentak. Hal ini malah akan bisa membuat mereka cemas dan membuat anak menjadi takut untuk belajar berhitung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

5 Rekomendasi Hadiah Unik untuk Kekasih Di Hari Valentine

Fasilitas Apartemen Dekat Binus Alam Sutera