Cara Mengajari Anak Membaca dengan Efektif

Peran orang tua dalam mendukung proses tumbuh kembang anak sangatlah penting. Setiap orang tua memiliki kewajiban dalam memberikan edukasi bagi seorang anak agar mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar. Untuk bisa memaksimalkan proses belajar si Kecil, Mam perlu mengetahui cara mengajari anak membaca. Karena belajar bisa dimulai dengan membaca. Selain itu, mengetahui metode belajar yang tepat juga diperlukan agar hasil belajar si Kecil lebih optimal.

Untuk bisa mengajarkan anak membaca, tentunya dibutuhkan sebuah tahapan yang cukup lama sampai akhirnya bisa lancar membaca. Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengajari membaca si Kecil. Langkah-langkah tersebut diantaranya:



Mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan

Mam bisa mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan melalui sebuah permainan sederhana.  Permainan seperti puzzle huruf dengan gambar, tentu akan menarik minat si Kecil untuk belajar menghafal huruf. Selain itu, pastikan juga agar si Kecil bisa mengucapkan huruf tersebut dengan benar.

Ajarkan anak menghafal suku kata

Setelah menguasai dan mengenal huruf, maka ajaklah si Kecil untuk menghafal suku kata. Cara mengajari anak membaca yaitu dengan menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a, i, u, e, o. Dengan begitu si Kecil bisa merangsang kemampuan bahasanya.

Mengajak anak membaca suku kata bervariasi

Mencarikan kata yang terdapat suku kata bervariasi dapat menjadi cara mengajari anak membaca yang baik untuk mengenalkan si Kecil dengan bacaan. Misalnya dengan mengenalkan suku kata seperti bo-la, bu-ku, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. 

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCELTM membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progesif agar dari Belajar jadi Hebat.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

5 Rekomendasi Hadiah Unik untuk Kekasih Di Hari Valentine

Fasilitas Apartemen Dekat Binus Alam Sutera