Apa Saja yang Perlu Dipehatikan Sebelum Ekstensi D3 ke S1

Ekstensi D3 ke S1


Hingga saat ini, tidak sedikit orang yang memilih kuliah D3 karena memiliki waktu lebih singkat dan fokus pada persiapan kerja di lapangan. Namun, banyak juga alumni D3 yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dengan berbagai alasan seperti meningkatkan skill, kebutuhan kerja atau jenjang karir dan masih banyak lagi. Nah, jika kebetulan Anda berencana melakukan ekstensi D3 ke S1, yuk simak apa saja yang perlu dipersiapkan berikut ini.

Memilih Jurusan yang Serumpun

Pada dasarnya program kuliah ekstensi ini diberikan kebebasan dalam memilih jurusan, bisa linier dengan jurusan D3 ataupun tidak. Hal ini nantinya akan bergantung pada kebijakan kampus karena ada juga yang tidak memperbolehkan pengambilan jurusan tidak linier. Meski begitu, sebaiknya Anda memilih jurusan yang serumpun karena akan lebih efektif waktu maupun pikiran.


Saat memilih jurusan serumpun, mahasiswa akan diberikan mata kuliah lanjutan yang belum didapatkan di jenjang pendidikan sebelumnya. Sementara untuk mahasiswa yang memilih jurusan tidak serumpun, mata kuliahnya akan lebih banyak karena memulai dari awal. Salah satu contoh kuliah ekstensi yang linier yaitu lulusan jurusan Analis Kesehatan yang melanjutkan kuliah S1 Ilmu Kesehatan. Selain itu, bisa juga alumni D3 Sekretaris mengambil kuliah S1 Manajemen.

Selain lebih mudah dalam kuliah, mengambil jurusan sejenis akan memudahkan pekerjaan Anda di kantor karena saling berkaitan. Bahkan, ilmu yang didapatkan juga bisa langsung diaplikasikan untuk melihat efektivitasnya.

Menyiapkan Tenaga dan Pikiran

Program kulian ekstensi dari D3 ke S1 biasanya tersedia kelas karyawan karena memang sebagian besar mahasiswanya merupakan karyawan yang ingin meng-upgrade skill dan jenjang karir. Jadi, kelas ini memiliki jadwal yang fleksibel dan biasanya dilakukan ketika jam aktif kantor selesai misalnya malam hari atau weekend.

Meskipun memiliki jadwal fleksibel, karyawan yang melakukan ekstensi sebaiknya menyiapkan mental yang lebih karena akan menguras tenaga. Anda membutuhkan tenaga lebih untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas kuliah dengan baik. Selain menyiapkan tenaga lebih, karyawan yang melakukan ekstensi juga dituntut untuk menyiapkan pikiran. Jadi, beban kerja nantinya akan berlipat ganda.

 Di sisi lain, mahasiswa ekstensi yang masih bekerja juga harus disiplin dan pintar dalam mengatur waktu. Jika tidak, maka kinerja akan memburuk dan nilai-nilai perkuliahan juga kurang memuaskan. Selain itu, materi yang didapatkan selama kuliah juga tidak bisa diserap dan diaplikasikan secara optimal.

Memilih Tempat Kuliah Ekstensi D3 ke S1 yang Tepat

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan ekstensi pendidikan yaitu dengan memilih tempat kuliah. Pastikan Anda memilih tempat kuliah yang tepat, fleksibel waktu, tenaga pendidik profesional dan menerapkan konsep kerja nyata sehingga ilmunya bisa diaplikasikan dengan tepat. Salah satu tempat kuliah ekstensi ke S1 terbaik yaitu IDS Digital College.

IDS Digital College menyediakan program ekstensi untuk bidang teknologi informasi dengan 3 pemintaan utama yaitu Software Development (SD), Mobile Apps & Games Development (MAG) dan Cyber Security (CS). Lembaga pendidikan ini telah bekerjasama dengan PSG College of Technology untuk membangun kurikulum bertaraf internasional.

IDS Digital College juga menerapkan program pendidikan dengan pendekatan Real World Project sehingga mahasiswa siap menghadapi tantang di dunia kerja dan mengikuti pertumbuhan teknologi dengan baik. Bahkan, IDS juga telah bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan sertifikasi untuk menunjang skill mahasiswanya.

Itulah tadi tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum kuliah ekstensi D3 ke S1. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

Qnet Perusahaan Penjualan Beragam Produk Berkualitas

Model Cincin Berlian Favorit untuk Tunangan dan Pernikahan