Tips Membuat Lamaran Kerja Beserta Kop Surat Menarik

Kop Surat

Anda sudah berkali-kali memasukkan surat lamaran di berbagai macam perusahan, namun hasilnya tetap saja nihil. Mungkin penyebabnya bukan karena Anda kurang kompeten, namun bisa saja karena surat lamaran yang Anda berikan kurang menarik perhatian. Apalagi sejak membaca kop surat yang Anda buat sudah tidak memberikan hal yang menarik lagi untuk membahas Anda. 

Tentu saja, Anda harus berlomba dengan berbagai pelamar lainnya yang telah memasukkan surat lamaran di perusahaan yang sama. Bisa saja, dengan kreatifitas serta keunikan yang ia miliki dalam menulis surat lamaran, maka ia yang akan dipanggil dan bukan Anda. Maka dari itu, jangan sampai hal itu terjadi pada Anda.


source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQkcahPEjughSd8gXYfRKFg8Wm854A2QB5gnKj6ecVnD10FVfbn&usqp=CAU


Lantas apa yang harus dilakukan untuk membuat sebuah surat lamaran yang menarik bagi perusahaan? Tenang saja, berikut Snapy sebagai perusahaan percetakan terbaik saat ini akan membagikan tipsnya hanya untuk Anda. Diantaranya adalah: 

1. Jangan terlalu ribet

Sebelum Anda memulainya terlalu jauh, pastikan bahwa Anda mengetahui kaidah penulisan surat lamaran kerja, yakni tidak terlalu ribet, rumit, apalagi terlalu panjang, alias usahakan membuat surat lamaran yang sederhana dan jelas. Sebagai pelamar kerja, kita tentu ingin mencantumkan sebanyak mungkin prestasi dan pengalaman kita sebelumnya. Namun faktanya, bukan hal itu yang menarik perhatian HRD ataupun perusahana tersebut. 

Cukup usahakan Anda membuat sebuah surat lamaran yang berwarna cerah dan terlihat menawan dengan font tulisan yang mudah untuk dibaca, kemudian isi surat tersebut dengan singkat, padat, dan jelas, tanpa harus bertele-tele. 

2. Salah dalam penulisan 

Departemen HR ataupun perusahaan tempat Anda melamar biasanya akan melihat keseriusan Anda dalam membuat surat lamaran kerja atau resume, bahkan untuk urusan yang kecil sekalipun seperti kesalahan tanda baca atau penulisan. Jika terdapat kesalahan tata bahasa atau tanda baca pada surat lamaran kerja Anda, maka selamat! Anda menjadi pilihan kesekian dan belum tentu akan dipanggil oleh perusahaan tersebut. 

Lantas, bagaimana cara menghindari kesalahan tersebut? Yang termudah adalah dengan melakukan cek beberapa kali sebelum Anda memutuskan untuk mengirimnya ke meja HRD sebuah perusahaan. 

3. Beri informasi terbaru dan relevan

Kemudian, cantumkan beberapa informasi terbaru mengenai diri Anda dan relevan terhadap posisi kerja yang Anda tuju di perusahaan tersebut, tak lupa tuliskan secara berurutan atau kronologis. Mulailah dengan pekerjaan atau pengalaman terbaru Anda, kemudian mundur ke belakang menuju pekerjaan atau pengalaman Anda sebelumnya. Yang harus Anda perhatikan adalah, tidak perlu mencantumkan hal yang tidak relevan dengan posisi pekerjaan yang hendak Anda pilih. Sebagai contoh, jika Anda berniat melamar sebagai seorang staff keuangan, tak perlu mencantumkan bahwa Anda menyukai hobi di bidang fotografi. 

4. Storytelling 

Penyampaian pesan berupa story telling atau dengan gaya bercerita biasanya akan lebih mudah di cerna dan diterima oleh pembaca,  daripada hanya sekedar tulisan baku. Jadi,usahakan untuk menulis surat lamaran kerja atau resume Anda secara storytelling mulai dari kop surat hingga menuju bagian akhir. 

5. Perusahaan suka melihat data 

Dibanding tulisan yang panjang, HRD ataupun perusahaan tempat Anda melamar biasanya lebih menyukai sajian berupa data, angka, ataupun fakta mengenai diri dan prestasi Anda. Sebagai contoh, jika Anda pernah menghandle beberapa klien utarakan dengan jumlah dari klein tersebut. Atau jika Anda pernah memenangkan beberapa perlombaan tuliskan seberapa banyak. 

Itulah tadi beberapa tips untuk menciptakan surat lamaran kerja yang baik, termasuk penulisan kop surat dan data yang ditampilkan. Namun, jika Anda membutuhkan surat lamaran kerja yang benar benar resmi, maka Anda bisa membuatnya bersama Snapy. Disini, Anda akan disajikan beberapa template ataupun desain surat yang menarik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Snapy, silahkan mengunjungi www.snapy.co.id sekarang juga! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Keuntungan Memiliki Aplikasi Jenius

5 Rekomendasi Hadiah Unik untuk Kekasih Di Hari Valentine

Fasilitas Apartemen Dekat Binus Alam Sutera